dorami

banner image

Agar Rezeki Mengejarmu


Assalamu'alaikum sobat...

Tahukah sobat, bahwa rezeki manusia dan seluruh makhluk yang ada di bumi beserta seisinya ini telah dijamin oleh Allah SWT? Namun kita tidak boleh mengartikan bahwa manusia tidak perlu melakukan apa-apa, tetap ada usaha agar kita memperolehnya dengan mengupayakan semaksimal mungkin. Tapi, yang sering menjadi pertanyaan kita adalah kenapa ya padahal kita sudah maksimal dalam usaha namun rezekinya masih segitu-gitu saja? 

Sebelum kita menjawab pertanyaan di atas, mari kita persamakan dulu persepsi tentang pengertian rezeki itu sendiri. Secara garis besar rezeki diartikan sebagai penghidupan. Rezeki adalah segala upaya yang kita dapatkan, yang setiap wujudnya ada manfaatnya, yang punya daya bagi diri dan makhluk lainnya. 

Rezeki juga diartikan sebagai anugrah, karunia, atau ketetapan dari Allah SWT. kepada makhluknya. Oleh karena itu, tentu salah besar bila kita memahami rezeki hanya sebuah material saja. Secara luas dapat kita simpulkan bahwa rezeki itu berupa kesehatan, kesempatan, sahabat-sahabat yang baik,  pasangan yang baik, anak-anak yang lucu, lingkungan yang baik, keluarga sakinah, harta yang barokah dan lain-lain. 

Setelah kita paham konsep rezeki tersebut, lalu apa yang harus kita lakukan agar rezeki selalu mengejar kita? Orang yang seperti apakah agar rezeki mau dekat-dekat kita? Dalam islam orang yang akan mudah mendapatkan rezeki, yaitu  :

1. Orang yang melakukan Salat. Salah satu syarat agar kita memperoleh rezeki yang barokah adalah dengan rajin salat baik itu salat wajib maupun salat sunnah. Salat sendiri adalah bentuk takwanya kita pada Yang Menciptakan kita. Sholat akan memberikan energi yang positif bagi pelakunya. Orang yang sholat akan mendatangkan rahmat dan kasih sayang Allah SWT dan Dia akan memberikan rezeki yang berkah. berkah artinya meskipun rezekinya tidak banyak namun dapat memberikan manfaat pada orang lain yang berada di sekitar kita. Salat mendatangkan cinta-Nya sehingga Allah tidak akan segan-segan memberikan apa yang diinginkan oleh hamba-hamba yang dicintai-Nya.

2. Orang yang sering berpuasa, Dengan puasa kita bisa melatih diri menjadi seseorang yang dapat memposisikan dirinya dalam keadaan apapun, melatih seseorang menjadi lebih sabar, dan menghindarkan kita dari dosa-dosa. Hikmahnya puasa menjadikan seseorang agar hidup tidak berfoya-foya, menjadikan pribadi yang bersyukur dan mengerti tentang kehidupan. Dengan demikian akan menumbuhkan rasa cinta-Nya dengan menambah nikmat dan rezeki pada orang-orang yang menjalankan puasa tersebut. 

3. Berdo'a, Do'a adalah bukti kita orang yang beriman, mengakui bahwa ada dzat yang Maha Kuasa atas segala-galanya. Berdo'a sendiri secara umum bisa kita artikan meminta. Maka sepatutnya kita kita berdo'a pada dzat yang Maha kaya, Maha Segala-galanya. Tidak salah bila kita meminta keluasan rezeki pada Allah SWT. Dalam agama kita diajarkan kapan waktu yang mustajab untu berdo’a. Diantaranya, berdo’alah setelah salat wajib, berdo’a setelah salat Duha, berdo’a di sepertiga malam, berdo’a saat fajar atau sebelum salat subuh, berdo’a ketika matahari tenggelam, membiasakan berdo’a sebelum memulai pekerjaan, saling mendo’akan sesama dan lain-lain.

4. Memperbanyak sedekah, Harta yang kita sedekahkan tidak akan berkurang dan akan mendapatkan keberkahan pada hartanya itu sendiri. Harta yang disedekahkan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Dengan sedekah pula, akan menghidarkan kita dari malapetaka dan membuka pintu rezeki kita. Bersedekah pula dapat menghapus dosa-dosa kita.

Rasulullah ØµÙ„Ù‰ الله عليه وسلم bersabda “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Mari kita tingkatkan ibadah kita, agar menjadi hamba pilihan yang dikejar-kejar rezeki. Jadikan pribadi yang kaya agar bisa menolong diri sendiri dan agama-Nya. Bukankah Muslim yang kuat lebih Allah cintai dan bukankah orang yang paling baik adalah orang yang paling banyak manfaatnya?

Agar Rezeki Mengejarmu Agar Rezeki Mengejarmu Reviewed by Ica Dorami on December 24, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.