dorami

banner image

Tokoh Inspirasi Menulis





Kalau ditanya siapa tokoh yang mempengaruhi untuk menulis? Sebenarnya tidak ada karena semenjak aku pandai membaca dan menulis sejak itulah hobi itu muncul. Setiap selesai membaca dan menemukan kata-kata yang indah dari bacaan-bacaan tersebut pasti dituliskan di buku catatan harian.  Menulis adalah bagian dalam hidupku walau awalnya tak pernah berfikir menjadi penulis seperti Tokoh-tokoh hebat kebanyakan. Menulis awalnya hanya sebuah curahan hati atas hitam dan putih yang telah terjadi dalam hidupku dan orang-orang disekitarku.

Namun, sejak sahabatku memperkenalkan novel Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah Karpov yang ditulis oleh Andrea Hirata, sejak itulah menulis berubah menjadi cita-cita dalam hidupku. Aku ingin menjadi penulis yang tulisannya dibaca oleh banyak orang dan menginspirasi.
“Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu!” 

“Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia”

Kalimat-kalimat sederhana di atas yang di muat dalam novel Sang Pemimpi sudah banyak mengubah pandangan dalam hidupku. Tidak ada kata takut untuk bermimpi sungguh lambat laun mimpi-mipi itu menjadi kenyataan manakala kita usahakan dan yakin akan tercapai. Andrea Hirata dengan novel-novelnya mampu mempengaruhi para pembacanya.

Bukan tanpa alasan aku menjadikannya Tokoh inspirasi  dalam menulis lihat saja salah satu karyanya yang sangat fenomenal yaitu Laskar Pelangi telah diterjemahkan di 25 negara dan di edarkan di lebih dari 130 negara dan menjadi referensi banyak sekolah dan lembaga di luar negeri untuk studi pendidikan. Selain itu, kesamaan latar belakang dari keluarga sederhana mungkin menjadi hipnotis tersendiri bagiku untuk meniru jejak beliau.

Andrea Hirata dengan tulisannya mampu mengubah kampungnya yang miskin menjadi terkenal yang mendatangkan rezeki bagi penduduk sekitar. Atau sebuah desa cantik nun jauh di Inggris menjadi destinasi yang banyak dikujungi juga oleh para wisatawan setelah Andrea Hirata menuliskannya dalam buku yang berjudul Edensor. Bukan hanya manfaat secara finansial dan sosial namun  dengan tulisanya, Andrea  bisa menyampaikan rasa terima kasih pada orang-orang yang berjasa dalam hidupnya. Salah satunya bu Muslimah gurunya yang telah ikhlas mendidik mereka walau hanya dengan sebelas murid miskin dengan honor yang kecil.

Lihat... menulis punya efek yang besar maka rugi sekali kalau kita tak mengambil bagian. Yuk menulis dan ambil bagian itu! Semangat!

Palembang, 31 Agustus 2019


Note : Menulis saat sakit ternyata tidak terlalu sulit. sudah hampir 2 hari ini kesehatan agaknya menurun, namun karena sudah komitmen tetap saja harus dilakukan. hehe


foto di ambil dari https://bahasa.foresteract.com/biografi-sastrawan-andrea-hirata/


Tokoh Inspirasi Menulis Tokoh Inspirasi Menulis Reviewed by Ica Dorami on August 31, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.